Rabu, 07 November 2012

AKU dan MEDIA SOSIAL

Media sosial adalah sebuah media online, dan kita dipermudah untuk berpartisipasi di dalam nya ,baik dalam berbagi informasi ,mencari informasi , dan blog adalah media sosial yang paling banyak umum di gunakan masyarakat di indonesia.


Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri. Jika untuk memiliki media tradisional seperti televisi, radio atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media. Seorang pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan media sosial dengan jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan. Pengguna media sosial dengan bebas bisa mengedit, menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar, video, grafis, dan berbagai model content lainnya.


awal mula perkenalanku dengan media sosial adalah saat aku berumur 11 tahun , saat itu aku menggunakan layanan jejaring sosial LIVE CONNECTOR yang pada jaman itu sangat banyak di minati anak-anak remaja seumuran ku . live connector menyediakan layanan chatting kepada sesama pengguna live connector , fasilitas lainnya seperti kita bisa saling mengisi testimonial ke sesama teman kita di live connector yang sedang online juga.

tidak lama setelah itu  LC  turun tahta .friendster mulai mem booming  aku mulai mengenal friendster,jejaring sosial ini memiliki banyak feature, dari kita bisa mencari seseorang melalui nama , agar bisa berteman di friendster, mengisi testimonial, biodata yang lebih jelas, mengirim pesan pribadi, meng-upload foto-foto menjadi beberapa album, hingga dapat mengubah layar tampilan friendster kita sendiri sesuai desaign yang kita pilih.

semakin kesini semakin banyak macam-macam media sosial dan fungsinya yang  aku ketahui , dari munculnya facebook, twitter, dan jaringan-jaringan yang menyediakan berbagai fasilitas , dari kita bisa berbagi informasi sampai  jual-beli online, seperti kaskus.

perkembangan teknologi semakin maju seiring perkembangan media sosial dan saat ini menggunakan media sosial tidak hanya bisa di akses melalui komputer saja, tetapi handphone sekarang rata-rata sudah memiliki feature untuk langsung bisa mengakses internet, dan ini sangat memudahkan bagi pengguna media sosial untuk bisa mengakses nya dimana pun kita berada.

dan masyarakat kini semakin banyak yang sudah mengenal dunia maya (istilah media sosial).banyak manfaat dari dunia internet ini , dari kita dapat mengakses informasi lebih cepat ,dapat bersilahturahmi jarak jauh , banyak menambah teman dan jaringan , juga banyak orang yang bisa sukses karna media sosial orang-orang yang pandai dan bisa memanfaatkan media sosial ini dengan baik, seperti mempromosikan dan menjual dagangan melalui media ini biasa kita sebut  online shop, mempromokan jualannya melalui media internet yang akses nya tanpa batas , aku juga pernah menggeluti dunia online shop . 

tetapi karna akces menggunakan media internet ini yang sangat mudah  tak bisa di pungkiri ,akses media sosial banyak di salah gunakan oleh segelintir orang-orang yang tidak bertanggung jawab , kejahatan-kejahatan di dunia maya yang biasa di sebut "cybercrime" sudah marak dan sering terjadi , dari penipuan ,penculikan,hingga pemerkosaan ,aku juga pernah mengalami cybercrime yang versi ini penipuan pedagang online shop , waktu itu aku memesan handphone ke salah satu orang yang mempublish jualannya di salah satu situs jual-beli, dya menarik pembeli dengan menjajakan barang dagangan dengan harga dibawah pasaran ,dan  ketika aku sudah mengirimkan uang kepada si penjual barang tersebut tidak dikirim , dan uang ku melayang begitu saja, sedangkan si penipu yang tidak bertanggung jawab tersebut tetap bisa bebas berkeliaran , karena sampai saat ini kejahatan di dunia maya saat itu belum ada undang-undang yang berlaku dan masih susah melacak keberadaan si pelaku penipuan . dan aku menajdikan ini sebagai pelajaran aja kalau ingin membeli barang di online shop seharusnya berhati-hati . 

bagi saya media sosial sangat berguna walau dengan banyak nya kejahatan di dunia maya tidak membuatku takut untuk mengakses media sosial ,karena fungsi media sosial ini yang sangat banyak , tergantung kita gimana mengakses media sosial ini dengan bijaksana. bisa kita dapatkan banyak keuntungan , selain untuk mengakses informasi lebih cepat , bisa untuk berbisnis dengan modal sedikit, bertemu teman lama dan mendapatkan teman baru, dan yang paling terpenting dapat menghubungkan ku dengan keluarga ku yang terpisah oleh selat sunda , hingga beda benua , tanpa mengenal batas dengan biaya yang murah. banyak hal-hal positif yang bisa kita dapatkan dari media sosial ini.

sekian kisahku dengan media sosial :) semoga bermanfaat .
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar